Bupati Kulonprogo : Beli Indonesia Akan Segera Terjadi!

Senyumnya langsung melebar, langkahnya pun dipercepat. “aduh mimpi apa saya ini bisa bertemu dengan pak Heppy disini” sapa dr. Hasto penuh kehangatan sambil menyalami disertai pelukan kepada Ir. Heppy Trenggono.

Yak, kemarin malam (19/7) di sebuah lounge di Bandar Udara Adisutjipto, Yogyakarta kami bertemu. dr. Hasto Wardoyo, Bupati Fenomenal asal Kulonprogo. Sebuah daerah di barat daya Yogyakarta yang dulunya begitu lekat dengan stigma daerah tertinggal. Tak jarang menjadi bahan candaan menjurus ejekan bagi yang lain.

Lelah dengan stigma daerah tertinggal, Bupati Hasto pun bertekad mensejahterakan warganya tanpa harus meninggalkan kearifan lokal dan jati dirinya. Sehingga pada akhir maret 2013 mulai digulirkan lah sebuah gerakan “Bela dan Beli Kulonprogo”. Tidak ada yang mudah, awal-awal banyak kalangan menyambut pesismis bahkan ada yang menilai gebrakan ini hanya teori saja tanpa dapat direalisasikan, ujungnya akan menjadi jargon semata.

Waktu pun berlalu, 3 tahun sejak digulirkan Gerakan Bela dan Beli Kulonprogo telah mampu memangkas kemiskinan hingga 8 persen. sungguh sangat luar biasa. Bupati Hasto dan Kulonprogo telah membuktikan, dari daerah tertinggal nan minim sumber daya alam mereka bisa bangkit. Kulonprogo bangkit menggunakan kemampuan dan sumber daya manusianya menjadi ujung tombak perubahan dimulai dari pemimpinnya.

Kini gebrakan Bupati Hasto telah diganjar penghargaan Tanda Kehormatan Bintang Jasa Utama oleh presiden atas gerakan tersebut. Begitu juga Jawa Pos menempatkan Bupati Hasto sebagai 10 Bupati terbaik di Indonesia tahun 2016 yang lalu.

Berulang kali Bupati Hasto mengucapkan rasa syukur dan terima kasihnya pada gerakan Beli Indonesia. Ideologi Beli Indonesia yang dia terjemahkan di daerah yang dipimpinnya telah membawa babak baru bagi Kulonprogo. Stigma daerah tertinggal sudah bukan miliknya lagi. Tidak hanya itu, dengan Bela dan beli Kulonprogo-nya mengantarkan daerah itu menjadi inspirasi kebangkitan dalam membangun kemandirian ekonomi tidak hanya bagi warganya namun juga berbagai daerah lain di Indonesia.

Seperti hari ini, Bupati Hasto diminta memberikan ceramah (20/7) dihadapan Bupati Seluruh Indonesia yang tergabung dalam APKASI. Pun belum lama juga diminta pemda Gorontalo untuk memberikan inspirasi membangun kemandiri ekonomi diharapan para kepala daerah disana.

Bupati Hasto bercerita dimanapun dalam kesempatan apapun ketika diminta berbicara atau memberi ceramah, yang disampaikan hanya satu yaitu Bela dan Beli Kulonprogo, program ideologis untuk kedaulatan dan kemandirian ekonomi. Dulu orang boleh ragu tapi sekarang kami sudah membuktikannya demikianlah tegasnya. Dia juga mengaku sering diminta memberikan pembekalan pada kepala daerah di internal partai pengusungnya.

Tak lupa Bupati Kulonprogo juga menitipkan salam perjuangan Beli Indonesia pada setiap jiwa-jiwa perindu dan penggerak kemandirian bangsa. Bupati Hasto yakin bahwa suatu saat bangsa Indonesia bangkit dari keterpurukan dan menjadi tuan rumah dinegeri sendiri dengan Beli Indonesia. “saya tidak akan berhenti, saya akan selalu sampaikan tentang gerakan ini, Bela dan Beli Kulonprogo” tegasnya.

Obrolan hangat kami terpecah oleh panggilan boarding, saya dan Ir. Heppy Trenggono diminta untuk segera menaiki pesawat yang akan membawa kami kembali ke Jakarta, bertemu dengan keluarga yang kami rindukan dan sayangi.
Semoga Bupati Hasto dengan Beli Kulonprogo nya terus tanpa lelah mengobarkan semangat merebut kedaulatan ekonomi.
Salam,
Beli Indonesia 3X

Ahmad NS
Penggerak Beli Indonesia