Bagaimana Menghadapi Perang Ekonomi di Era Globalisasi?

holtikultura-impor
Beliindonesia.com – Jakarta, Amerika Serikat (AS) baru saja memenangkan sengketa perdagangan besar dengan Indonesia, sebuah keberhasilan untuk para petani dan peternak AS. Pemerintahan Barack Obama membawa 18 klaim terpisah ke panel sengketa di Organiasi Perdagangan Dunia atau Word Trade Organization (WTO) dan memenangkan semuanya pada hari Kamis (22/12). Hal itu adalah aturan-aturan yang dianggap AS dan Selandia Baru sebagai pembatasan-pembatasan yang tidak adil dan melanggar aturan-aturan WTO yaitu berkenaan dengan impor produk hortikultura, hewan dan produk hewan. Beberapa produk yang dilakukan pembatasan itu antara lain apel, anggur, kentang, bawang, bunga, jus, buah kering, sapi, ayam dan daging sapi.

“Laporan panel hari ini akan membantu menghapuskan pembatasan-pembatasan perdagangan yang tidak dapat dijustifikasi terhadap produk-produk pertanian Amerika, memungkinkan para petani AS untuk menjual produk-produk mereka yang berkualitas tinggi kepada para pelanggan di Indonesia, negara dengan penduduk terbanyak ke empat di dunia,” kata Perwakilan Perdagangan AS Michael Froman, hari Kamis (22/12), di kutip dari VOA Indonesia.

holtikultura-impor-2

Heppy Trenggono, Pemimpin Gerakan Beli Indonesia yang dihubungi terkait putusan WTO mengatakan bahwa Pasar Indonesia dengan populasi lebih dari 250 juta jiwa memang menggiurkan bagi siapapun yang memahami peranannya dalam pembangunan ekonomi sebuah bangsa.

Menurut Heppy, yang harus menjadi perhatian serius bangsa Indonesia adalah bagaimana melakukan mensiasati globalisasi sehingga hal yang sama bisa kita lakukan guna melindungi petani dan peternaknya di dalam negeri. Bagi AS dan Selandia Baru apapun akan mereka lakukan agar tetap bisa berjualan di negeri berpenduduk terbesar ke empat di dunia ini. Di contohkanya, AS menaikan bea masuk hingga 5 kali lipat untuk produk tertentu dari China, tidak menggunakan pelabuhan-pelabuhan utama, dan lain sebagainya. Dimana semuanya adalah upaya menghambat.

“Globalisasi ini harus kita siasati.  Yang bisa dipersoalkan asing adalah aturan. China, Eropa dan Amerika sendiri meskipun peraturannya kondusifn tapi tetap menerapkan berbagai strategi yang membuat kita sulit masuk kesana”.

“Kita tahu, produk-produk China bak air bah membanjiri berbagai daerah di Indonesia. apakah produk kita juga dengan mudah masuk ke China?” Tanya Heppy. Itulah kecerdasan ekonomi.

Gerakan Beli Indonesia adalah salah satu gerakan politik ekonomi, akan sangat efektif jika kita menguasai dan memahami makna dari sebuah pembelaan dalam pembangunan ekonomi. Ans