Menurunkan Kemiskinan dengan Beli Indonesia

brita-kongres

beliindonesia.com, Jakarta – “Indonesia di hadapkan pada tantangan yang kompleks. Kemiskinan dan pengangguran yang tinggi, dominasi asing dalam berbagai sektor perekonomian, korupsi yang merajalela, industry dan sektor riil yang semakin tertinggal, serta arus globalisasi yang semakin deras, menjadikan tantangan bangsa Indonesia semakin berat. Jika tidak mampu melewati tantangan itu maka hasilnya adalah rakyat uang semakin menderita” demikian ujar Heppy Trenggono, Pemimpin Gerakan Beli Indonesia dalam siaran pers nya hari ini.

Melalui Pameran dan Kongres Beli Indonesia yang akan dilaksanakan pada 3-5 Oktober 2016 di SMESCO Jakarta, Gerakan Beli Indonesia mengajak segenap anak bangsa, mulai dari hari ini, kita harus membangun dan membela negeri sendiri, melepaskan pakaian primordial yang menjadi sekat pemisah antar anak bangsa dan berganti dengan baju ikhram yang bernama Indonesia.

Heppy menjelaskan maksud dari penyelenggaraan Pameran dan Kongres Beli Indonesia ini adalah sebagai ajang silaturahmi antar pelaku ekonomi, juga sosialisasi gerakan kepada para kepala daerah, tokoh tokoh nasional, serta generasi muda yang memiliki visi sama dalam mewujudkan kemandirian ekonomi anak bangsa.

Ketua panitia, Iskandarsyah Siregar menjelaskan bahwa dalam Pameran Beli Indonesia juga akan ditampilkan berbagai macam produk dan karya anak bangsa sendiri, dari mulai pesawat terbang turboprop bernama R80 yang dirancang dan dikembangkan oleh keluarga mantan Presiden BJ Habibie, industry pertanian, kosmetik, hingga kebutuhan sehari-hari.

Selain itu akan pameran dan kongres beli Indonesia akan di meriahkan oleh seminar-seminar bisnis dan entrepreneurship, Rountable Discussion tokoh-tokoh, hingga pemberian penghargaan kepada kepala daerah, organisasi atau putra putri terbaik atas darmabakti, jasa dan gagasan yang diberikan dalam mengembangkan dan memajukan perekonomian anak bangsa yang bemanfaat besar bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Ketika ditanya langkah apa yang dilakukan Beli Indonesia selama ini, Heppy Trenggono – peraih penghargaan Tokoh Perubahan Indonesia 2011 versi Republika itu menjelaskan bahwa Beli Indonesia menggarap Pemda, Universitas, Pesantren, Ormas, dan komunitas komunitas di Indonesia agar mulai mendorong masyarakat di bawahnya untuk mau menggunakan produk sendiri, menjadikan masyarakatnya sebagai pasar captive untuk industri sendiri, agar mulai bisa memenuhi kebutuhannya sendiri.
Saat ini Gerakan Beli Indonesia dilakukan lebih dari 30 kampus, pesantren, ormas, dan puluhan kabupaten di Indonesia. Di Kulonprogo melalui Gerakan ini berhasil menurunkan tingkat kemiskinan hingga 5 persen dalam 4 tahun.